Sunday, February 21, 2016

Kisah Sukses Aburizal Bakrie, Perjalanan menuju Orang Terkaya Se-Asia


Selama ini kita mengenal Aburizal Bakrie sebagai salah satu tokoh politik berpengaruh yang juga sempat menjadi calon presiden pada pemilu tahun 2004 silam. Sebelumnya, laki-laki kelahiran Jakarta 15 November 1946 ini juga dua kali menjabat sebagai Ketua Kamar Dagang dan Industri (Kadin) periode 1994-1999 dan 1999-2004. Selain itu, perjalanan politiknya telah mengantarnya menjadi Menko Perekonomian, dan selanjutnya menjabat Menko Kesra periode 2004-2009.

Pada tahun 2007, majalah Forbes Asia menobatkan Aburizal Bakrie sebagai orang terkaya se-Indonesia dan se-Asia Tenggara. Hal ini tentunya mengejutkan sekaligus membanggakan karena gelar orang terkaya ini untuk pertama kalinya didapatkan oleh pribumi. Selama ini gelar orang terkaya selalu disabet oleh para taipan atau non pribumi.

Laki-laki yang kerap disapa Ical ini memiliki beragam bidang usaha atau bisnis yaitu pertambangan batubara, perkebunan, minyak, properti, telekomunikasi, dan media massa (TV One). Ical kemudian memimpin Bakrie Grup, sebuah kelompok bisnis yang dirintis oleh mendiang ayahnya.

Bisnis milik sang ayah ini berawal dari perdagangan rempah-rempah dan hasil perkebunan, khususnya dari Provinsi Lampung. Dengan kepiawaiannya mengelola asset termasuk mengelola modal yang berasal dari pinjaman, Ical kemudian membangun usaha demi usaha hingga menggurita tidak hanya sebatas perdagangan rempah dan perkebunan namun mulai merambah bisnis property, saham, telekomunikasi dan lain-lain.

Beberapa perusahaan Ical dengan berbagai lini usaha diantaranya adalah PT Bakrieland Development (bidang property), PT Energi Mega Persada, PT Bakrie Sumatra Plantations (bidang perkebunan), PT Bakrie & Brothers dan PT Bakrie Telecom (bidang komunikasi). Bila Anda pernah mendengar sebuah perusahaan operator seluler Esia, perusahaan ini juga salah satu bidang yang dimiliki oleh Ical.

Tiap pengusaha memiliki cerita tersendiri selama membangun usahanya. Suka duka dalam menjalankan perusahaan menjadi kisah menarik tersendiri dan menjadi inspirasi bagi banyak orang. Sebagai pengusaha nasional yang pernah tercatat sebagai orang terkaya di Indonesia tersebut, Ical juga pernah mengalami jatuh bangun dalam mengelola bisnisnya.

Pada 1998, saat terjadi krisis ekonomi yang tidak hanya melanda Indonesia namun juga seluruh dunia, Ical mengalami kerugian yang sangat besar bahkan dililit utang triliunan rupiah. Padahal, aset yang dimiliki hanya bernilai miliaran rupiah saja, tidak itu saja, Ical juga mendapatkan masalah dengan perbankan yang tidak lagi mempercayainya.

Namun 10 tahun kemudian, yakni pada tahun 2007-2008, Ical dapat kembali bangkit membangun kembali kerajaan bisnisnya hingga akhirnya mendapatkan penghargaan dari majalah Forbes dan Globe Asia. Karena selain dapat keluar dari krisis yang melanda, perusahaan juga berhasil membukukan kekayaan yang luar biasa, bahkan majalah Globe Asia mencatat kekayaan Ical saat itu mencapai 9,2 miliar dollar AS atau setara dengan 84,6 triliun.

Meski saat ini salah satu perusahaan Ical , PT Lapindo Brantas masih memiliki masalah dengan semburan lumpur panas yang menenggelamkan beberapa kawasan di Sidoarjo, Jawa Timur, namun grup perusahaan Bakrie masih tangguh dan bisnis yang dijalankan seolah tidak terpengaruh dengan insiden tersebut.

Mengapa Ical dapat memiliki beragam bidang usaha dan sukses? Menurut sejumlah analisis, hal ini disebabkan Ical sangat pandai membaca peluang dan waktu dalam mengambil keputusan. Kunci sukses lainnya adalah kepandaiannya mengelola manajemen bahkan tidak segan-segan Ical merekrut tenaga professional dari dalam maupun luar negeri untuk berada dalam top management perusahaan. Menurut ahli ekonomi Drajad Wibowo, Ical mampu menggabungkan tiga hal penting dalam pengelolaan bisnis, yakni keberuntungan, kepiawaian membaca pasar dan sukses menjalin kedekatan dengan lingkaran kekuasaan.

Ical sendiri pun mengakui, ada 7 prinsip yang dijalankannya sehingga dapat mencapai kesuksesan seperti yang ia raih saat ini, yakni :

1. Jangan pernah menyerah. Semua orang pasti pernah mengalami kesulitan tapi orang yang sukses adalah mereka yang tidak pernah menyerah. Fainna ma al yusri yusron, wa inna ma al yusri yusron: dibalik setiap kesulitan, selalu ada jalan keluar.

2. Jangan pernah berhenti belajar, never stop learning. Kunci kemajuan sebuah bangsa adalah ilmu pengetahuan, dan ia tidak mengenal usia karena ilmu pengetahuan akan selalu berkembang terus menerus.

3. Jangan berada dalam gelap dan jangan bawa dirimu dalam kegelapan. Kegelapan disini dapat berarti narkoba, kegagalan yang terus berlanjut, kemalasan, pesimisme, ketidakdisiplinan dan lain-lain.

4. Jadilah yang terbaik. Dimanapun Anda berada, jadilah yang terbaik, berikan yang terbaik, usahakan yang terbaik.

5. Entrepreneurship. Kesuksesan seorang entrepreneur adalah kemauan, tekad, kesungguhan, dan kreatifitas, bukan besarnya modal, warisan atau pemberian orang. Sekecil apapun modal di tangan, ia akan menjadi besar dengan usaha yang sungguh-sungguh, pantang menyerah, penuh kreatifitas dan kemampuan inovatif. Percuma punya modal besar namun tidak dapat mengelola, akan habis sia-sia.

6. Networking. Seorang entrepreneur harus memiliki jaringan perkawanan seluas-luasnya, bahkan sejak di usia muda. We never know what future we will have. Bersiaplah, bergaulah dengan banyak orang dan tingkatan status sosial dan pekerjaan. Buka kesempatan dengan mengenal semakin banyak orang di kalangan yang beragam.

7. Meyakini bantuan Allah akan datang manakala kita mau berusaha. Bisnis yang baik adalah bisnis yang dapat mendekatkan kita kepada Allah baik dalam aktifitas bisnisnya maupun hasilnya yang dapat disedekahkan untuk membantu orang lain.

Demikianlah kisah sukses Aburizal Bakrie dalam suka dukanya membangun bisnis. Semoga 7 tips sukses beliau dapat memberikan inspirasi dan semangat bagi Anda yang sedang atau akan membangun usaha.


Writer: Shenawangtri

Previous Post
Next Post

post written by:

5 comments:

  1. This comment has been removed by a blog administrator.

    ReplyDelete
  2. http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/disebut-kompetitor-oleh-as-china-minta.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/jokowi-optimis-tol-sepanjang-jawa.html
    http://kreasimasadepan441.blogspot.com/2017/12/kematian-jonghyun-dan-kegilaan-industri.html

    Tunggu Apa Lagi Guyss..
    Let's Join With Us At vipkiukiu .net ^^
    Untuk info lebih jelas silahkan hubungi CS kami :
    - BBM : D8809B07 / 2B8EC0D2
    - WHATSAPP : +62813-2938-6562
    - LINE : DOMINO1945.COM

    ReplyDelete
  3. Bohong besar..... Sdh banyak cerita dan yang tertipu

    ReplyDelete