Saturday, February 27, 2016

Inilah Contoh Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan. Tentu Anda sering mendengar Post It? Yuk Kita Baca Kisah Suksesnya yang Brilian


kisah sukses post it mengubah kegagalan menjadi kesuksesan

Kita tentu mengenal Post It, kertas berwarna-warni yang memiliki perekat namun tidak terlalu kuat yang biasa kita gunakan untuk menuliskan pesan, baik untuk diri sendiri maupun untuk orang lain. Bagi orang kantoran pasti lebih sering menggunakannya atau mahasiswa dan pelajar.

Post It juga berguna sebagai pembatas buku atau penanda halaman yang telah kita baca atau kita berikan perhatian khusus. Siapa sangka bahwa Post It yang unik tersebut lahir dari sebuah kegagalan?

Kisahnya diawali dari sebuah perusahaan bernama 3 M yang memberikan kesempatan bagi para pekerjanya untuk menggunakan waktunya memikirkan sesuatu yang kreatif dan proyek yang bagi mereka sangat menarik perhatian dan dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan.

Salah seorang karyawannya bernama Ary Fry menemukan sebuah ide kreatif. Ide tersebut berasal dari kebiasaannya yang memberikan pembatas pada buku yang ia baca namun pembatas tersebut berserakan bahkan berjatuhan di lantai. Dia kemudian teringat bahwa salah satu koleganya yang bernama Spencer Silver pernah mengembangkan sejenis perekat namun dianggap gagal karena perekat ciptaannya tersebut tidak dapat merekat dengan baik.

Fry mencoba lem tersebut pada sebuah kertas dan menjadikannya pembatas buku yang sedang ia baca, kertas tersebut dapat merekat namun juga saat dilepas tidak merusak buku yang ia baca. Tidak hanya itu, selain sebagai pembatas buku, kita pun dapat menuliskan sesuatu di kertas itu seperti summary, dan catatan kecil. Kita pun dapat membuangnya bila tak lagi membutuhkannya di halaman buku tersebut atau membiarkannya tetap disitu selama Anda suka, jelas Fry.

Ary Fry akhirnya memenangkan hadiah besar dari pemikiran kreatif tersebut dan hasil penemuannya disebut Post It Notes yang kemudian menjadi produk 3 M yang sangat laku di pasaran.

Produk Post It tersebut bukan berarti tidak pernah ditentang, saat itu beberapa insinyur sempat mengatakan bahwa tidak ada mesin yang dapat memproduksi kertas catatan tersebut, namun Fry tidak berputus asa. Dia membuat mesinnya sendiri di lantai dasar rumahnya. Meski saat itu dia tidak memperoleh dukungan dari 3 M, namun Fry tidak menyerah. Dia lalu mengirimkan contoh produk buatannya kepada para senior managemen 3 M. Akhirnya pihak managemen pun mulai berubah fikiran dan mendukung ide dan usaha Ary Fry. Sejak di produksinya kertas catatan tersebut perusahaan 3 M menerima banyak sekali pesanan bahkan hingga melebihi kapasitas produksi yang ada. Produk Post It Notes pun laku keras di pasaran.

Dalam perkembangannya, kertas Post It mengalami banyak kemajuan baik dari segi kualitas maupun jenisnya. Berikut adalah fakta tentang produk bernama Post It :

  1. Hingga saat ini Brand Post-it® sudah memiliki lebih dari 4,000 produk dan telah menjadi merek yang terkenal dan sangat disukai di seluruh dunia.
  2. Post It pertama kali diperkenalkan pada tahun 1980
  3. Pada tahun 1987 Post-It Flag hadir, dan dianggap sebagai pionir dalam era baru mengorganisir dokumen.
  4. Pada tahun 1989 sebuah kelurga meninggalkan rumah mereka akibat terjangan badai HUGO dan terdapat Post-It Note yang ditempel di depan pintu. Pada saat kembali 8 pohon Ek tumbang tapi Post-It note tetap menempel di pintu.
  5. Sebuah kejadian menyebutkan bahwa post-it note tetap menempel di hidung pesawat setelah penerbangan dari Las Vegas menuju Minnepolis dengan kecepatan 800km/jam dengan suhu 48⁰.

kisah sukses post it mengubah kegagalan menjadi kesuksesan















Kisah penciptaan Post It ini memberikan pelajaran kepada kita agar tidak menyerah meski ide-ide kita tidak didengar oleh orang lain. Kita harus tetap bekerja keras mewujudkannya bahkan membuktikan kepada mereka bahwa ide dapat diwujudkan dan dapat bermanfaat bagi orang lain. Semoga kisah ini dapat memberikan inspirasi.
Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: