Wednesday, April 20, 2016

Perjalanan Sukses Lazada


Perjalanan Sukses Lazada


Lazada Indonesia merupakan pusat belanja online dengan berbagai macam jenis barang yang ditawarkan, seperti produk fashion, elektronik, buku, mainan anak hingga perlengkapan bagi, produk kosmetik dan kesehatan, perlengkapan rumah tangga, perlengkapan travelling dan olah raga.

Lazada Indonesia didirikan pada tahun 2012 dan menjadi bagian dari jaringan retail online Lazada di Asia Tenggara. Selain di Indonesia, Lazada juga ada di Malaysia, Vietnam, Thailand dan Filipina.

Berdirinya Lazada Indonesia berawal pada Januari 2012 ketika Rocket Internet yang berpusat di kota Berlin jerman mendirikan kantor cabang di Jakarta, saat itu Lazada hanya memiliki 4 orang karyawan saja. Baru pada tanggal 15 Maret 2012 website Lazada diluncurkan, peluncurannya tidak hanya di Indonesia namun juga dilakukan di Filipina, Thailand, Malaysia dan Vietnam. Pada awalnya Lazada hanya memiliki 4000 produk yang dijual di situsnya dan terbagi dalam 4 kategori produk. Dalam waktu seminggu, Lazada telah memiliki pelanggan dan mereka memberikan testimoninya bahwa pelayanan Lazada sangat memuaskan. Di tahun yang sama, Lazada makin berkembang, dengan pertumbuhan yang sangat pesat, Lazada Indonesia membuka kantor baru yang menangani warehouse dan distribusi produk serta merekrut lebih banyak karyawan.

Hanya dalam waktu satu bulan, Lazada telah memiliki 1000 pelanggan dan pada bulan Oktober 2012 Lazada makin dikenal dengan tercapainya 100.000 likers pada fanpage Facebook Lazada.

Setelah kesuksesan tersebut, makin banyak investor yang memberikan dananya untuk pengembangan Lazada. Tercatat JP Morgan Asset Management dan Kinnevik sebuah perusahaan investasi dari Swedia menanamkan dananya sebesar 40 juta USD. Summit Partners, sebuah perusahaan modal usaha terbesar di dunia berinvestasi sebesar 26 juta USD pada Lazada.

Pada bulan Desember 2012, Lazada memprakarsai sebuah event dengan menggelar diskon berbagai produk pilihan. Angka penjualan melonjak sangat pesat setelah berlangsungnya kampanye ini. Saat itu kemudian dianggap sebagai revolusi dunia e-commerce di Indonesia.


Perjalanan Sukses Lazada


Hingga bulan Januari 2013 kemudian Tengelman sebuah group retails dari Jerman juga menanamkan dana investasi sekitar 20 juta USD. Dan sejak Februari 2013, iklan TVC Lazada.co.id mulai tayang di televisi nasional Indonesia. Selanjutnya Lazada.co.id termasuk dalam peringkat 40 top website terbaik di Indonesia.

Kesuksesan Lazada tersebut tidak bisa lepas dari tangan dingin seorang wirausahawan muda yang menjabat sebagai Managing Director sekaligus CEO Founder Lazada Indonesia, Fung Fuk Lestario. Laki-laki lulusan Nanyang University Singapura ini menangani bagian finance, buying, IT Infrastructure dan Corporate Service yang membawa pada keberhasilan Lazada menjadi top website di Indonesia.

Laki-laki yang berkuliah di jurusan elektro dan sempat bekerja sebagai product engineer, konsultan di BCG ( Boston Consulting Group ) ini juga pernah bekerja sebagai Corporate Program manager di Agung Sedayu Group yang banyak menangani hal-hal yang berkaitan dengan korporat seperti standardisasi KPI structure, budgeting dan lain – lain.

Meski masih mendapati berbagai masalah seperti distribusi dan kendala dalam pengiriman barang, namun Lazada dibawah kepemimpinan Fung Fuk terus berupaya meningkatkan pelayanan agar distribusi barang pesanan customer tepat waktu sesuai yang di janjikan, menangani suppliernya agar dapat menyediakan barang sesuai spesifikasi serta menyelesaikan masalah yang berkaitan teknologi IT.

Kejeliannya menangkap peluang di tengah kebutuhan masyarakat yang membutuhkan barang sesuai spesifikasi yang diinginkan, membuat Fung Fuk merancang sebuah business plan berupa teknologi yang dapat menghasilkan ranking dari suatu produk maupun layananan. Sehingga kehadiran Lazada pun dianggap sebagai momentum yang tepat untuk menjawab kebutuhan masyarakat tersebut. Anda dapat menuliskan jenis barang dan sifat atau spesifikasinya lalu website tersebut akan menampilkan barang sesuai yang Anda inginkan seperti ketika Anda mengetik pada search engine Google di laman Lazada.co.

Demikianlah, Lazada akhirnya menjadi sebuah top website untuk menjawab kebutuhan masyarakat masa kini yang membutuhkan informasi dengan cepat dan dapat dilakukan dari manapun serta kapanpun.
Previous Post
Next Post

post written by:

1 comment:

  1. melihat kesuksesan para pendiri dan bisnis online di indonesia membuat kita semakin sadar bahwa era sekrang sudah sangat berbeda, semuanya serba online, bahkan kalo dulu orng mau beli mobil sibuk cari cara bagaimana, namun skrngpun sekelas beli mobil juga sudah bisa online

    ReplyDelete