Monday, July 6, 2015

13 Dahsyatnya Istighfar Sebagai Pembuka Rezeki

dahsyatnya istighfar



Allah berfirman,”Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS.Nuh: 10-12)


Telah dicontohkan Rasulullaah salallaahu 'alaihi wa sallam setiap hari beristighfar sebanyak 100x. Dari ayat di atas pun sangat terang dan jelas sekali faedah atau manfaat daripada istighfar. Yang zikir ini mengandung pengertian mengenai pertaubatan seorang hamba, memohon ampun kepada penciptanya. Dalam kondisi memohon ampun. Hati kita tunduk dan berserah diri hanya kepada Allah. Sikap ini mengundang rahmat dari Allah. Sehingga apa yang menjadi hajat orang yang bertaubat, niscaya Allah kabulkan dengan segera.

Yang rezekinya serba kekurangan, istighfar menjadi solusi turunnya rezeki dengan berbagai jalan. Yang belum punya anak, istighfar menjadi solusi dalam meperoleh keturunan. Yang kehilangan barang, istighfar menjadi solusi untuk menemukan barang yang hilang tersebut.

Berbicara tentang barang yang kehilangan. Saya selalu teringat dan sering sekali mengalami kejadian hilang sesuatu. Dengan segera saya pun langsung beristighfar sebanyak-banyaknya sembari berpikir positif bahwa barang akan segera ditemukan. Walhasil sering sekali saya alami barang tersebut ditemukan hanya dalam hitungan waktu tidak sampai 1 jam setelah saya beristighfar.

Kejadian lain lagi sewaktu duduk di bangku sekolah dan kampus. Ketika ujian, seringkali pelajaran yang sudah saya hafal terlupa dengan tiba-tiba saat ujian. Langsung saja saya istighfar sebanyak-banyaknya. Dan lagi-lagi, Allah bukakan pikiran saya untuk mengingat hafalan tersebut. Alhamdulillaah selalu hasil ujian saya mendapat nilai yang terbaik, bahkan tak jarang memperoleh nilai tertinggi di sekolah dan kampus. Lagi-lagi istighfar sangat membantu.

Istighfar juga punya faedah yang lain, antara lain:

1. Diampuni dosa-dosanya

Rasulullah bersabda, “Allah telah berkata,’Wahai hamba-hamba-Ku, setiap kalian pasti berdosa kecuali yang Aku jaga. Maka beristighfarlah kalian kepada-Ku, niscaya kalian Aku ampuni. Dan barangsiapa yang meyakini bahwa Aku punya kemampuan untuk mengamouni dosa-dosanya, maka Aku akan mengampuninya dan Aku tidak peduli (beberapa banyak dosanya).” (HR.Ibnu Majah, Tirmidzi)

2. Diselamatkan dari Api Neraka

Hudzaifah pernah berkata, “Saya adalah orang yang tajam lidah terhadap keluargaku, Wahai Rasulullah, aku takut kalau lidahku itu menyebabkan ku masuk neraka’. Rasulullah bersabda,’Dimana posisimu terhadap istighfar? Sesungguhnya, aku senantiasa beristighfar kepada Allah sebanyak seratus kali dalam sehari semalam’.” (HR.Nasa’i, Ibnu Majah, al-Hakim dan dishahihkannya)

3. Dicintai oleh Allah

Allah berfirman, “Sesungguhnya Allah mencintai orang-orang yang bertaubat dan mencintai orang-orang yang mensucikan diri.” (QS.al-Baqarah: 222). Rasulullah bersabda, “Orang yang bertaubat adalah kekasih Allah. Orang yang bertaubat atas dosanya, bagaikan orang yang tidak berdosa.”(HR.Ibnu Majah)

4. Menghapus kesedihan

Rasulullah bersabda,”Barangsiapa yang senantiasa beristighfar, maka Allah akan memberikan kegembiraan dari setiap kesedihannya, dan kelapangan bagi setiap kesempitannya, dan memberinya rizki dari arah yang tiada disangka-sangka.”(HR.Abu Daud, Ibnu Majah dan Ahmad)

5. Allah gembira hamba-Nya bertaubat

Rasulullah bersabda, “Sungguh, Allah lebih gembira dengan taubat hamba-Nya daripada kegembiraan salah seorang dari kalian yang menemukan ontanya yang hilang di padang pasir.” (HR.Bukhari dan Muslim)

6. Membersihkan hati

Rasulullah bersabda,”Apabila seorang mukmin melakukan suatu dosa, maka tercoretlah noda hitam di hatinya. Apabila ia bertaubat, meninggalkannya dan beristighfar, maka bersihlah hatinya.”(HR.Nasa’i, Ibnu Majah, Ibnu Hibban, Tirmidzi)

7. Mendatangkan rezeki

Rasulullah bersabda,”Sesungguhnya seorang hamba bisa tertahan rizkinya karena dosa yang dilakukannya.”(HR.Ahmad, Ibnu Hibban dan Ibnu Majah)

8. Terhindar dari cap zhalim

Allah berfirman,”…Barang siapa yang tidak bertaubat, maka mereka itulah orang-orang yang zhalim.”(QS.al-Hujurat: 11)

9. Mudah memperoleh keturunan

Allah berfirman,”Maka aku katakan kepada mereka:”Mohonlah ampun (istighfar) kepada Tuhanmu, sesungguhnya Dia adalah Maha Pengampun, niscaya Dia akan mengirimkan hujan kepadamu dengan lebat, dan memperbanyakkan harta dan anak-anakmu, dan mengadakan untukmu kebun-kebun dan mengadakan (pula didalamnya) untukmu sungai-sungai.” (QS.Nuh: 10-12)

10. Mendatangkan hujan

Ibnu Shabih berkata,”Hasan al-Bashri pernah didatangi seseorang dan mengadu bahwa lahannya tandus, ia berkata, ‘Perbanyaklah istighfar’. Lalu ada orang lain yang mengadu bahwa kebunnya kering, ia berkata, ‘Perbanyaklah istighfar’. Lalu ada orang lain lagi yang mengadu bahwa ia belum punya anak, ia berkata,’Perbanyaklah istighfar’. (Kitab Fathul Bari: 11/98)

11. Memperoleh keberuntungan

Allah berfirman,”Dan bertaubatlah kamu sekalian kepada Allah, hai orang-orang yang beriman supaya kamu beruntung.”(QS.an-Nur: 31)

12. Meredam azab

Allah berfirman,”Dan Allah sekali-kali tidak akan mengazab mereka, sedang kamu berada di antara mereka. Dan tidaklah (pula) Allah akan mengazab mereka, sedang mereka meminta ampun.”(QS.al-Anfal: 33)

13. Memperoleh Syurga

“Dan (juga) orang-orang yang apabila mengerjakan perbuatan keji atau menganiaya diri sendiri, mereka ingat akan Allah, lalu memohon ampun terhadap dosa-dosa mereka dan siapa lagi yang dapat mengampuni dosa selain Allah? Dan mereka tidak meneruskan perbuatan kejinya itu, sedang mereka mengetahui. Mereka itu balasannya ialah ampunan dari Tuhan mereka dan surga yang didalamnya mengalir sungai-sungai, sedang mereka kekal didalamnya; dan itulah sebaik-baik pahala orang-orang yang beramal.”(QS.Ali’Imran: 135-136)



Demikianlah manfaat dari istighfar. Semoga kita semua bisa mengamalkannya setiap hari dan setiap kesempatan. Dan menjadi termasuk orang-orang mukmin yang beruntung. Aamiin
Previous Post
Next Post

post written by:

1 comment:


  1. Daripada Abu Hurairah RA bahawa Rasulullah SAW telah bersabda, “Sebahagian daripada al-Qur’an ada satu surah yang jumlah ayatnya tiga puluh ayat semuanya, surah ini dapat memberikan pertolongan kepada orang yang membacanya sehingga diampunkan segala dosa-dosanya, surah itu ialah “al-Mulk”.

    ReplyDelete