Friday, July 31, 2015

5 Dalil Janji Allah Tentang Keutamaan Sedekah



Janji Allah Tentang Keutamaan Sedekah

An-Nisaa`: 114

Tidak ada kebaikan pada kebanyakan bisikan-bisikan mereka, kecuali bisikan-bisikan dari orang yang menyuruh (manusia) memberi sedekah, atau berbuat ma`ruf, atau mengadakan perdamaian di antara manusia. Dan barangsiapa yang berbuat demikian karena mencari keredhaan Allah, maka kelak Kami memberi kepadanya pahala yang besar.


Al-Baqarah : 245

Siapakah yang mau memberi pinjaman kepada Allah, pinjaman yang baik (menafkahkan hartanya di jalan Allah), maka Allah akan meperlipat gandakan pembayaran kepadanya dengan lipat ganda yang banyak. Dan Allah menyempitkan dan melapangkan (rezki) dan kepada-Nya-lah kamu dikembalikan.


Al-Baqarah : 261

Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.


Al-Baqarah : 271

Jika kamu menampakkan sedekah(mu) [*], maka itu adalah baik sekali. Dan jika kamu menyembunyikannya dan kamu berikan kepada orang-orang fakir, maka menyembunyikan itu lebih baik bagimu. Dan Allah akan menghapuskan dari kamu sebagian kesalahan-kesalahanmu; dan Allah mengetahui apa yang kamu kerjakan.

(ket[*]: Menampakkan sedekah dengan tujuan supaya dicontoh orang lain.)


Ali-`Imraan : 092

Kamu sekali-kali tidak sampai kepada kebajikan (yang sempurna), sebelum kamu menafkahkan sebahagian harta yang kamu cintai. Dan apa saja yang kamu nafkahkan maka sesungguhnya Allah mengetahuinya.



Dari Dalil di atas, bisa diambil kesimpulan bahwa keutamaan sedekah yaitu mendapatkan pahala, dilipatgandakan rezeki, melapangkan rezeki, sedekah yang dilakukan baik sembunyi atau terang-terangan sama baiknya asal dengan niat yang baik pula, dan sedekah juga sebagai penyempurna kebaikan seseorang. 

Semoga kita bisa menjadi Ahli Sedekah dan penyubur sedekah. 


Previous Post
Next Post

post written by:

1 comment:

  1. Tuliskan apa pengalaman berhargamu tentang sedekah. Semoga menjadi manfaat bagi yang membaca

    ReplyDelete