Tuesday, June 7, 2016

Amalan di Bulan Ramadhan




Bulan Ramadhan hampir tiba, sebagai umat Islam kita hendaknya dapat mempersiapkan diri baik jasmani maupun rohani agar dapat melakukan amalan wajib dan yang disunnahkan di bulan suci ini.

Menjelang bulan suci Ramdhan, kita dapat mempersiapkan diri dengan melakukan puasa sunnah Senin Kamis atau puasa sunnah Sya’ban di awal dan pertengahan bulan agar tubuh dan lambung kita terbiasa dengan kondisi puasa sehingga pada saat puasa Ramadhan tiba tubuh kita tidak kaget yang biasanya ditandai dengan tubuh yang mudah lemas dan lelah.

Membiasakan diri dengan bangun di sepertiga malam untuk melakukan sholat tahajud juga baik dilakukan agar kita tidak kesulitan saat bangun sahur. Kita juga dapat menyisihkan sebagian penghasilan untuk bersedekah di bulan Ramadhan karena pahalanya yang berlipat ganda. Selain dapat membantu kaum yang membutuhkan, membagikan makanan untuk berbuka puasa atau ta’jil juga dapat disebut sebagai sedekah.

Kita juga dapat mulai membuat target ibadah seperti bisa khatam Al Qur’an dalam satu bulan tersebut, berapa ayat yang harus kita baca setiap hari, sholat Sunnah apa saja yang mampu kita kerjakan baik siang maupun malam dan berapa harta kita yang akan kita sedekahkan. Karena keutamaan dan pahala ibadah yang dihitung berlipat ganda bila dibandingkan dengan bulan lainnya selain Ramadhan, maka selayaknya lah kita membuat target ibadah sebanyak-banyaknya agar waktu kita tidak terbuang percuma dengan kegiatan yang tidak ada artinya seperti jalan-jalan, shopping, nonton TV atau mengobrol.

Amalan apa sajakah yang utama dikerjakan saat bulan Ramadhan? Ada 7 amalan yang harus Anda kerjakan agar bulan Ramadhan Anda tidak berlalu begitu saja, yakni :


1. Puasa atau Shiyam

يَـٰٓأَيُّهَا ٱلَّذِينَ ءَامَنُواْ كُتِبَ عَلَيۡڪُمُ ٱلصِّيَامُ كَمَا كُتِبَ عَلَى ٱلَّذِينَ مِن قَبۡلِڪُمۡ لَعَلَّكُمۡ تَتَّقُونَ -١٨٣

Hai orang-orang beriman, diwajibkan atas kamu berpuasa sebagaimana diwajibkan atas orang-orang sebelum kamu agar kamu bertaqwa. (QS al-Baqarah: 183).

Nabi Muhammad SAW juga bersabda dalam salah satu hadistnya

Islam dibangun di atas lima perkara: Syahadat ‘laa ilaha illallah’ dan bahwa Muhammad adalah Rasulullah, me¬ne¬¬gakkan shalat, menunaikan zakat, haji, dan berpuasa ramadhan. (HR. Al-Bukhari dan Muslim dari Ibnu Umar)

Maka dari itu, hendaknya kita jangan melewatkan puasa Ramadhan tanpa uzur yang jelas seperti sakit atau menstruasi bagi perempuan.


2. Sholat Tarawih

Para ulama telah bersepakat bahwa melaksanakan sholat tarawih di malam bulan Ramadhan disyariatkan untuk dilakukan. Nabi Muhammad SAW juga menganjurkan agar kita memperbanyak sholat di sepanjang malam Ramadhan seperti yang disebutkan dalam hadist dibawah ini :

Dari Abu Hurairah r.a., berkata: Rasulullah SAW menganjurkan (shalat) qiyami Ramadhan kepada mereka (para shahabat), tanpa perintah wajib. Beliau bersabda: Barangsiapa mengerjakan (shalat) qiyami Ramadhan karena iman dan mengharap pahala, niscaya diampuni dosanya yang telah lalu. [HR. Al- Bukhari dan Muslim].

3. Tadarus atau Membaca Al Qur’an

Pada bulan Ramadhan kita mengenal adanya peringatan Nuzulul Qur’an karena memang kitab suci umat Islam ini diturunkan pada pertengahan bulan Ramadhan yakni pada tanggal 17 Ramadhan. Sehingga diharapkan umat Islam dapat lebih banyak membaca Al Qur’an dengan bertadarus setiap hari atau malam agar mendapatkan pahala dan keberkahan hidup.


شَہۡرُ رَمَضَانَ ٱلَّذِىٓ أُنزِلَ فِيهِ ٱلۡقُرۡءَانُ هُدً۬ى لِّلنَّاسِ وَبَيِّنَـٰتٍ۬ مِّنَ ٱلۡهُدَىٰ وَٱلۡفُرۡقَانِ‌ۚ -١٨٥

(Beberapa hari yang ditentukan itu ialah) bulan Ramadhan, bulan yang di dalamnya diturunkan (permulaan) Al Quran sebagai petunjuk bagi manusia dan penjelasan-penjelasan mengenai petunjuk itu dan pembeda (antara yang hak dan yang bathil). [Qs. al-Baqarah: 185]


4. Sedekah

Mengenai sedekah ini Rasulullah bersabda :

“Maukah kamu aku tunjukkan pada pintu-pintu kebaikan? Puasa adalah perisai dan sedekah akan memadamkan kesalahan sebagaimana air memadamkan api, dan shalat seorang laki-laki pada pertengahan malam.”

Salah satu bentuk sedekah yang dapat Anda berikan saat bulan Ramadhan adalah adalah memberikan ifthar (= santapan berbuka puasa) kepada orang-orang yang berpuasa. Seperti yang disebutkan dalam hadist dibawah ini :

“Barangsiapa yang memberi ifthar kepada orang-orang yang berpuasa, maka ia mendapat pahala senilai pahala orang yang berpuasa itu, tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa tersebut” (HR. Ahmad, Turmudzi dan Ibnu Majah).

5. I’tikaf

I’tikaf adalah mendekatkan diri kepada Allah SWT dengan cara tinggal dan bermalam di masjid. Waktu i’tikaf yang utama adalah pada 10 hari terakhir bulan Ramadhan.

6. Memperbanyak Dzikir, Doa dan Istighfar.

Keistimewaan bulan Ramadhan adalah malam Lailatul Qadr atau malam seribu bulan yang dapat kita isi dengan memperbanyak ibadah, dzikir, doa dan membaca istighfar.

7. Menunaikan Ibadah Umroh

Beribadah umroh di bulan Ramadhan akan memperoleh pahala seakan-akan pergi haji, sehingga paket umroh Ramadhan banyak diburu dan dicari banyak orang yang ingin mendapatkan pahala umroh yang berlipat ganda. Dari Ibnu Abbas ra, Nabi SAW bersabda yang artinya, “ Umrah di bulan Ramadhan pahalanya seperti ibadah haji”. ( HR. Bukhori dan Muslim ).

Demikian amalan-amalan yang dapat kita lakukan menjelang dan selama bulan Ramadhan, semoga bermanfaat.









Previous Post
Next Post

post written by:

0 comments: